Sebuah Obrolan Tentang Indonesia

ketika saya bertemu seorang teman dan juga sekaligus senior saya. Di bercerita tentang bagaimana Orang indonesia yang ramah tamah, bener gak sih orang indonesia itu ramah tamah? gk ada jawaban apakah iya atau tidak. Hanya sedikit perbandingan dengan kondisi diluar sana yang ceritakan. perbandingan ini di ceritakan beliau dengan contoh kasus.

Pertama, kita coba menyebrang jalan (yang tidak ada jembatan penyebrang jalannya) rasanya sulit untuk menemui pengguna kendaraan yang mau ngasih kita nyebrang, yang ada malah sopirnya teriak2 'weiii jangan nyebrang sembarangan!!!" katanya beliau di luar sana kalau pengemudi liat orang berdiri saja dipinggir jalan keliatan mau nyebrang, maka sopir itu akan mempersilahkannya nyebrang.

Kedua, Kalau di sini kita pergi ketempat belanja (supermarket) kemudian kita milih2 barang sampe barang yang ditaruh di tempat tinggi2 minta diturunkan, tapi kemudian kita gak jadi beli karena gk ada yang cocok. Maka di pelayanan akan memperlihatkan wajah yg tidak bersahabat, karena dah capek2 ngeluarin barang dan berantakan lagi, eh gk jadi beli. minimalnya dengan menunjukan raut wajah yang kurang seneng. Katanya lagi kalau disana walaupun begitu kita masih akan dilayani dan diberi ucapan terima kasih karena sudah mau mampir ke tokonya.

Beliau masih meneruskan contoh2 lainnya. mudah2an kasus2 itu hanya kebetulan saja beliau alami dan dilapangannya tidak seperti itu atau setidaknya tidak semua seperti itu. Cuma akan bijaksana juga kalau kiranya kita jadikan sedikit kasus itu untuk kita renungkan, mengingat gejala sosial di kita sekarang rasanya terlalu muda orang terbakar emosinya, terlalu mudah orang merasa tersinggung, terlalu mudah orang untk menghabisi nyawa yang lainnya, terlalu mudah untuk mengambil hak orang lain. Betulkan bangsa ini bangsa yang bebudi luhur, ramah tamah?

Ini hanya sebuah bahan perenungan, mudah-mudahan kedepannya bangsa ini bisa lebih baik lagi, lebih mulia lagi akhlaknya. amien.

tulisan berhubungan :
Potret bangsa di hari Kebangkitan Nasional