Geliat Batik Motif Aceh

batik-motif-aceh

batik motif aceh melalui bahan dasar kain tenun mulai diminati masyarakat, terlebih pegawai negeri sipil dalam daerah itu, papar sekretaris dewan kerajinan nasional (dekranas) provinsi aceh ir netty muharni murp.

sudah banyak yang membuat batik di balai rumah batik binaan dekranas aceh. hampir seluruh pemerintah kabupaten/kota telah membuat untuk pakaian wajib tambahan kaum pegawainya, katanya selama banda aceh, kamis.

( Info: Batik Couple Murah ) selain untuk pakaian dinas tambahan, banyak serta bagian swasta seperti perbankan dan juga membeli batik motif aceh, ujar netty yang didampingi koordinator balai rumah batik oliya m.

menurutnya, harga kain batik motif aceh antara rp250.000 sampai rp1 juta juga tergantung dari jenis kainnya.

balai rumah batik rata-rata bisa memproduksi 200 potong bakal kain baju setiap bulan. batik yang diproduksi seluruhnya berbahan dasar kain tenun bukan mesin dan serta milik dekranas aceh.

( Info: Model Batik Couple ) ia menyatakan, terkandung beberapa bidang kain dan banyak diminati penduduk selama provinsi paling ujung barat sumatera yaitu berbahan katon morry, doby, piscos, sutra super, sutra timbul, sutra atm (alat tenun mesin) juga sutra atbm (alat tenun bukan mesin).

kalau motif batiknya dan paling diminati rencong, pintu aceh dan gayo, katanya lagi.

netty dan dan kepala bidang promosi dalam badan investasi juga beriklan aceh itu menyebutkan pihaknya memiliki lebih 100 cetakkan batik bermotif aceh.

ia serta menyatakan batik aceh mempunyai motif dan membeli unsur alam dan budaya serta perpaduan warna yang menonjol semisal merah, hijau, kuning dan merah muda.

motif yang digunakan pada batik aceh dan mengandung makna falsafah hidup warga aceh.

netty menungkapkan, website dekranas aceh ke depan properti batik aceh tersebut ingin direnovasi lebih baik lagi, makanya menjadi objek wisata serta pusat studi serta pelatihan.

jadi, anak-anak aceh dan memiliki bakat disainer, dapat mempelajari selama balai tersebut, selain untuk melestarikan batik aceh, katanya.