Bersyukur

[40:61] Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyal karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.

Di ayat Allah memberikan teguran kepada kita, kenapa Kita tidak sampai bersyukur kepada Allah, padahal Telah menciptakan malam, padalah Allah telah menciptakan siang Untuk kita, manusia. Dan begitu banyak nikmat yang Allah limpahkan kepada kita.

Hendaknya pernyataan Allah bahwa ‘kebanyakan manusia tidak bersyukur’ ini menjadi suatu bahan evaluasi buat kita, Sudahkan kita termasuk kepada manusia yang telah bersyukur kepada Allah, Sudah cukupkah rasa syukur kita kepada Allah?

Pertanyaan itu tidaklah perlu dijawab dalam tulisan ini, ataupun tulisan yang lain, cukup di jawab dengan hati kita, cukup dijawab dengan perbaikan amalan kita. Perbaiki terus, jangan pernah merasa puas karena nikmat Allah pun tidak ada batasnya. Banyak ragam bagaimana kita bersyukur kepada Allah namun semuanya akan bermuara kepada satu pangkal ‘Menjadi hamba Allah yang beriman, tunduk dan taat kepada Perintah Allah, kepada Aturan Allah, kepada Maunya Allah’