Carilah Hikmah di Balik Masalah


Bersama dengan kesulitan ada kemudahan

ini janji dari Allah, dan yakinlah bahwa Allah tidak pernah ingkar dengan janjinya. Ketika kita dihadapkan pada sebuah permasalahan, ketika kita di hadapkan pada sebuah kesulitan maka yakinlah Bahwa bersama dengan datangnya permasalahan itu, bersama dengan kesulitan itu ada kemudahan bersamanya, akan selalu ada jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan itu.

Ketika suatu masalah datang, ketika kesulitan datang, dan datang lagi. Seringkali kita merasa bingung, merasa gusar karena jalan keluar tidak juga kita temukan, atau bahkan permasalah2 itu menjadikan diri kita stress, karena begitu banyakannya masalah yang harus dihadapi dengan jalan keluar yang tidak juga ditemukan.

pertama yakin kepada Allah, Allah mendatangkan kesulitan atau permasalahan kepada kita dengan sebuah penyelesain, Tetaplah sabar untuk mencari penyelesaian itu dengan tetap berusahan dan berdoa kepada Allah.

Kedua yakin kepada Allah, Allah mendatangkan permasalahan atau kesulitan kepada kita dengan ukuran kita akan mampu menanggungnya.

Ketiga yakinlah, dengan kehebatan otak kita(maha besar Allah) yang selalu mampu menemukan apa yang di cari. InsyaAllah kemungkinan besar akan ditemukan. Jika kita ingin mencari sisi buruk dari sesuatu hal maka otak kita akan menemukannya, dan jika kita ingin mencari sisi baik dari sesuatu hal maka otak kita akan menemukannya.

Tak perlu diragukan salah satu cara efektif untuk menghindarkan diri kita dari rasa prustasi dalam menghadapi masalah dan persoalan yang kita hadapi adalah dengan selalu mencari sisi baik dari keadaan yan kita hadapai, selalu mencari hikmah di balik setiap masalah yang kita hadapi. Dan jangan lupa bertawakal, berserah diri kepada Allah. karena semua terjadi atas kehendak Allah, kita manusia hanya sekedar menjalani skenario dari Allah.