Google Sandbox

Beberapa hari ini salah satu blog saya hilang dari peredaran :( setelah di usut rupanya blog tersebut sudah di isolasi oleh om google dengan google sandbox-nya. Apaan tuh google sanbox?

Google sandbox merupakan semacam filter dari google yang memungkinkan bahwa halaman2 web yang muncul di Google Search Engine Results Pages (SERPS) merupakan halaman2 yang memiliki kualitas bagus dengan content yang memiliki relevansi tinggi dan up to date "Menurut standar google". Tapi ini bukan berarti blog yang berada dalam sandbox tidak terdeteksi oleh googlebot, tetap terdeteksi hanya tidak di munculkan di SERPS tadi. Jadi ini bukan akhir dari blog kita, yang harus kita lakukan terus memperbaharui dan memperbaiki blog kita sehingga suatu saat nanti bisa keluar dari google sandbox ini. Berapa lama? sejujurnya saya tidak tau pasti da yang bilang bisa sampai 6-8 bulan, tapi kalau melihat alasan kenapa blog kita bisa masuk google sandbox pastinya akan tergantung sejauh mana kita bisa memperbaiki blog kita.

Yang dibutuhkan di sini tentunya kesabaran, Dan juga ini sebuah pelajaran untuk tidak menelantarkan blog kita sendiri. Yah nasibnya seperti blog saya yang masuk sandbox itu, di isolasi. Ini isolasi ini termasuk semua page di blog kita kecuali halaman index, semua informasi link, atau rank juga tidak akan terdeteksi. Blog kita akan sendirian terisolasi di situ... Tidak juga kok, karena search engine yang bisa membaca blog kita bukan cuma google, masih ada Yahoo atau MSN. dan kita masih bisa mengenalkan blog kita ke yang lain dengan blogwalking ria.. :)