Apakah qulub kita hidup?


InsyaAllah, di surat Al an'aam ini Allah menceritakan tentang dua orang umar, yaitu Umar bin khattab dan Umar bin hisyam. Dimana Allah katakan keduanya telah dalam keadaan yang mati, yaitu kedua orang Umar tidak dalam keadaan tidak berpetunjuk dengan petunjuk dari Allah yaitu Al qur'an.

kemudian Salah satu dari kedua umar itu Allah jadikan hidup dengan di turunkannya cahaya, yaitu berupa hidayah dengan menjadikannya berpetunjuk kepada petunjuk Allah yaitu Al qur'an(ayat ini sekaligus jawaban dari Doa Rosul yg memohon kepada Allah agar Islam saat itu di kuatkan dengan berimannya 2 orang umar). Dan itu adalah Umar bin khattab. Dimana kemudian umar berjalan di antara manusia, maksudnya Umar menjalani hidupnya dengan cahaya hidup, dengan Al qur'an.

Sementara Umar yang satu tetap dalam keadaan mati, dalam keadaan yang gelap gulita tidak mau berpetunjuk dengan Al qur'an yang sekali-kali Ia tidak dapat keluar dari kegelapan itu dan dijadikan oleh Allah mereka memandang baik/memandang apa yang mereka kerjakan.

Dan di ayat ini Allah menyoal, adakah sama di antara keduanya? adakah sama Umar yang telah berpetunjuk dengan Al qur'an dengan Umar yang tidak berpetunjuk dengan Al qu'an?