Menghadapi Dilema

Bukanlah suatu rahasia lagi kalau bermain dengan yang namanya artikel berbayar maka dengan sendirinya kita akan berhadapan dengan google. Saat di mana google melakukan update pagerank adalah saat mendebarkan apakah pagerank kita mengalami kenaikan atau penurunan atau malah terjun bebas sampai di PR nol atau n/a. Keadaan ini tentu tidak terlalu berpengaruh buat mereka yang ngeblog untuk haping fun.

Lalu apakah kita mundur? Tentu ini akan sangat tergantung kepada tujuan kita membuat blog dan ngeblog selama ini. Sebagai salah seorang blogger yang mempunyai tujuan mencari penghasilan dari kegiatan ngeblog ini, tentu saya tidak akan mundur. Masalah penurunan pagerank, itu adalah sebuah resiko yang harus dihadapi ketika kita memutuskan untuk me-moneize blog kita dengan mengikuti program artikel berbayar. Toh, yang kita lakukan sama sekali tidak merugikan orang, jadi tidak ada alasan untuk berhenti.

Seperti seorang petani yang sedang menggarap sawah, ada saat dimana dia mempersiapkan dan merawat sawah atau ladangnya dan ada saat di mana dia memanen hasilnya. Tidak ada yang salah. Seperti kita juga blogger yang mencari peruntungan dari program artikel berbayar tadi, ada saat memupuk ada saat memanen. Akan lebih menyenangkan seandainya masa memanen itu akan jauh lebih panjang sehingga kita bisa menikmati hasilnya lebih banyak dan lebih lama? Bagaimana jika tidak, Tentu siapapun tidak ada salahnya juga kalau kita memanfaatkan waktu yang sebentar dapat memberikan hasil yang maksimal, setidaknya bisa setimpal dengan tenaga yg kita keluarkan ketika merawatnya sampai siap panen dan untuk kemudian kita harus kembali merawatnya lagi karena masa panen sudah lewat dan menunggu masa panen berikutnya.

Hanya pasrah menunggu hasil dari google? Tentu tidak. Apa yang beda antara artikel berbayar dan artikel biasa, apakah bobot contentnya? Bisa ya bisa tidak. Seorang yang sedang mencari informasi tentang seo dia tentu akan melewatkan informasi yang berhubungan dengan suatu produk. Ini akan berlaku sebaliknya orang yang mencari informasi tentang suatu produk, misalnya ponsel, tentu dia akan melewatkan informasi yang berhubungan dengan SEO atau tips blogging lainnya. Jadi intinya berbobot atau tidaknya suatu content bukan dari apakah itu tentang SEO,tips blogging atau computer tapi siapa yang membacanya. Ini artinya artikel berbayar kitapun sebenarnya bisa berbobot dan menjadi informasi yang penting buat orang banyak, Itulah mengapa ketika menulis tips tentang menulis artikel berbayar tips saya Cuma satu yaitu buatlah artikel berbayar kita sebaik mungkin, jangan Cuma asal di setujui sponsor saja. Sehingga bisa menjadi arrtikel berbobot untuk orang yang membutuhkannya. Selebihnya maksimalkan cara-cara lain mencari backlink untuk selalu bisa menutup outgoing link yang kita buat dari artikel itu.

Itu hanya usaha, selebihnya keputusan ada di tangan google apakah tetap mempertahan pagerank kita atau akan menjatuhkan vonis penurunan PR. Kalau ternyata penurunan PR yang di dapat kembali memupuk dan merawat lagi untuk masa panen berikutnya, jangan kalah dengan petani.

Selamat berusaha semoga sukses!! jika ada kata-kata atau pendapat yang salah mohon di maafkan. Namanya juga belajar ^_^