Langkah Untuk Menghasilkan Dollar dari Blog

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman dari Palu meminta di ajarkan bagaimana supaya bisa bisa menghasilkan dollar dari blog. Walaupun sepertinya pertanyaan ini salah alamat karena di tujukan kepada seorang newbie yang juga masih baru dalam hal monetize blog Namun saya coa buat sedikit tips biar tidak terlalu mengecewakan Mudah-mudahan tips berikut bisa sedikit menjadi bahan masukan.

Langkah pertama, tentu saja kita harus memiliki blog terlebih dahulu karena blog ini yang akan menjadi modal utama kita untuk mulai menghasilkan dollar dari blog (di sini tidak di bahas mengenai cara menghasilkan dolar yang tidak melalui blog).

Pilihlah tema content blog yang sesuai dengan bidang yang kita sukai dan kita kuasai, sehingga kita bisa mengupdate blog secara rutin tanpa harus selalu kebingunan mencari ide, karena idenya telah ada dalam fikiran kita. Selain itu dengan kita menguasai topik, kita juga bisa memberi respon berupa masukan atau solusi terhadap pengunjung blog yang memerlukan informasi lebih detail. Dengan sendirinya ini akan menciptakan brand positif bagi si pemilik blog. Sebagai tambahan design yang enak di pandang akan menjadikan pengunjung tertarik dengan blog kita setelah content yang baik.


Langkah kedua, Lakukan pengembangan jaringan dan lupakan dulu keinginan untuk segera menghasilkan dollar. Apakah yang akan kita lakukan jika kita pergi ke pasar untuk membeli buah2 dan menemukan di pasar banyak pedangang yang menjual buah yang sama? Pasti kita akan memilih buah yang terbaik. Nah kalau kita juga ingin blog kita ‘Layak jual’ maka perhatikanlah rating kita sudah layak jual atau tidak. Parameternya kita bisa melihat dari alexa rank, jumlah backlink atau link popularity, pagerank.

Langkah ketiga Pilih program monetize untuk blog kita. Buatlah suatu perencanaan yang baik untuk memonetize blog. Tidak perlu bernafsu untuk mendapatkan dolar sebanyak-banyaknya dengan mengikuti semua program yang telah terbukti menghasilkan bagi orang lain. Ingat meskipun blog kita sudah layak jual, blog masih tetap perlu untuk di kembangkan, aturlah sesuai dengan kemampuan dan kembangkan secara bertahap, mudah2an dengan cara ini akan terbangun sebuah pondasi yang kuat untuk bisnis online kita kedepannya. Mengenai program apa saja yang bisa menghasilkan dollar InsyaAllah saya bahas dalam postingan berikutnya.

Langkah keempat pemeliharaan kerja. Yang saya maksud di sini terus jaga untuk mengupdate blog dengan content yang bagus, tetap bangun jarinan dengan blogger lain, jangan hubungan baik dengan advert1ser. Ini penting sehingga bisnis online kita semakin lama akan menjadi semakin kuat dan berkembang tidak booming pada saat tertentu saja walaupun dalam keadaan tertentu mungkin saja itu terjadi.

Mungkin itu langkah praktis sederharna yang bisa di lakukan, setidaknya itu yang saya lakukan selama ini untuk menghasilkan dollar dari blog saya. Dalam prakteknya tentu saya juga masih harus terus memperbaiki segala kekurangan. Bila ada kekurangan mohon maaf, karena saya sendiri masih awam dalam hal monetize blog. Untuk blogger yang lain yang bersedia sharing, silakan ^_^ dengan senang hati saya terima.